Search

Kontak dengan Pasien Positif Corona, 14 Orang bakal Diperiksa - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Juru bicara pemerintah terkait virus corona covid-19 Achmad Yurianto menyatakan, Kementerian Kesehatan bakal memeriksa 14 orang yang pernah melakukan kontak langsung (close contact) dengan dua pasien positif corona asal Depok, Jawa Barat.

Achmad mengatakan, semua orang itu merupakan hasil tracing atau pelacakan pada pihak-pihak yang pernah berhubungan dengan pasien positif yang kini tengah menjalani isolasi di RSPI Sulianti Saroso tersebut.

"Jadi jumlahnya banyak, kami sudah temukan 14," ujar Achmad saat memberikan keterangan di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (5/3).


Proses pelacakan itu dilakukan dengan menanyakan langsung pada pasien positif terkait orang-orang yang pernah ditemui dan kegiatan yang diikuti. Satu dari dua pasien positif yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso itu disebut tertular virus corona dari WN Jepang saat menghadiri acara di sebuah klub di Kemang (Jakarta Selatan) dan Menteng (Jakarta Pusat).

"Kita tanya dulu, kegiatan itu dihadiri oleh siapa, ada berapa orang, ada yang tahu enggak alamatnya. Ini kemudian dilaksanakan dinas untuk mencari yang bersangkutan," katanya.

Achmad yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes itu menegaskan tak semua orang yang pernah melakukan close contact kemudian terpapar corona. Meski demikian, pihaknya tetap memeriksa lebih lanjut 14 orang itu.

"Tidak semua orang yang kontak itu sakit, karena ketika ditanya dia mengaku ada di ruangan tapi tidak dance dengan 'si ini'. Tapi tetap dilakukan pemeriksaan," kata Achmad.

Kemenkes sebelumnya menyatakan bakal menelusuri kelompok dansa yang sempat kontak dengan pasien asal Depok dan warga negara Jepang yang positif corona. Achmad menyebut ada sekitar 50 orang Warga Negara Asing (WNA) yang ikut dalam kelompok dansa tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Satu Supect Sempat Dirawat di RS Carolus

Di sisi lain, Achmad mengatakan satu suspect virus covid-19 yang kini dirawat di RSPI Sulianto Saroso sempat dirawat di RS Saint Carolus, Salemba, Jakarta.

"Untuk yang RS Carolus sekarang ada di Sulianti Saroso," ujar Achmad.

Achmad menuturkan saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan lab suspect corona tersebut. Terduga corona itu diketahui pernah melakukan kontak langsung dengan salah satu pasien positif virus corona.

"Kami tunggu hasil lab, maka ini kami sebut suspect karena dia memiliki riwayat close contact dengan kasus-1 (positif corona)," katanya.

Jumlah pasien virus corona di RS Sulianti Saroso bertambah dari 8 menjadi 9 pasien per Rabu (4/3) siang. Semua pasien itu dirawat di ruang isolasi.

Dua di antaranya dinyatakan positif terjangkit virus corona, sedangkan tujuh pasien lainnya dalam pengawasan. (psp/osc)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
March 06, 2020 at 01:26AM
https://ift.tt/2TrYNV3

Kontak dengan Pasien Positif Corona, 14 Orang bakal Diperiksa - CNN Indonesia
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kontak dengan Pasien Positif Corona, 14 Orang bakal Diperiksa - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.