Search

Ruang Corona Penuh, RS Sulianti Saroso Rujuk ke RS Lain - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Ruangan isolasi khusus pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta penuh. Pasien yang mengidap gejala mirip virus corona lantas dialihkan ke rumah sakit lain.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan pihaknya memiliki 11 ruangan khusus. Ada 9 ruangan yang dipakai untuk mengisolasi dan merawat 9 pasien per Kamis (5/3).

Masih ada 2 ruangan isolasi yang tersedia di RSPI Sulianti Saroso. Namun, itu disiapkan sebagai cadangan.


"Jadi tolong disampaikan jangan ada kesan RSPI menolak pasien, karena memang penuh, enggak mungkin dimasukkan dalam ruangan yang bukan isolasi," kata Syahril di RSPI Sulianto Saroso, Kamis (5/3).

Pasien yang mulanya dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso, kata Syahril, harus dibawa ke rumah sakit lain yang telah disiapkan pemerintah. Di antaranya RSUP Persahabatan, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Cengkareng, RS Polri, RS Mintohardjo, RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu.

"Contohnya di (RSUP) Persahabatan, mungkin totalnya sekitar 10-an di sana PDP (Pasien Dalam Pengawasan) semua tadi ya," ucap dia.

Syahril juga mengimbau kepada rumah sakit yang memiliki pasien mengidap gejala mirip virus corona agar mengontak RSPI Sulianti Saroso terlebih dahulu jika ingin merujuk. Andai ternyata masih penuh, maka perlu mengontak rumah sakit lain yang disiapkan pemerintah.

"Jadi mohon disampaikan kalau ada RS swasta yang ingin dirujuk dan disini penuh. Tetapi kalau nanti ada pasien disini pulang dan ada yang kosong bisa lagi masuk sini," ucap Syahril.

[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah mengaku tengah mengisolasi 10 pasien dalam pengawasan. Semua pasien itu rujukan dari rumah sakit lain, termasuk dari RSPI Sulianti Saroso.

"Kami sudah dapat rujukan 10 pasien dalam pengawasan (PDP). Kesepuluhnya sekarang dirawat di sini," tuturnya di RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3).

RSUP Persahabatan sendiri memiliki 24 ruang khusus yang dijadikan tempat isolasi khusus pasien dalam pengawasan virus corona. Semuanya terpisah dengan ruangan lain.

Dari 24, ada empat di antaranya yang dijadikan ruangan intensive care unit (ICU). Ruangan tersebut bakal digunakan ketika ada pasien yang kondisinya makin memburuk.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah menyiapkan RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng sebagai tempat rujukan pasien dalam pengawasan.

"Kita sudah proses penambahan untuk RS rujukan lagi sesuai dengan statement dan hasil skala prioritas yang ditetapkan Kemenkes. RS yang diusulkan adalah RSUD Cengkareng dan RSUD Pasar Minggu," kata Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/3).

(yoa/bmw)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
March 05, 2020 at 03:32PM
https://ift.tt/39o8lGc

Ruang Corona Penuh, RS Sulianti Saroso Rujuk ke RS Lain - CNN Indonesia
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ruang Corona Penuh, RS Sulianti Saroso Rujuk ke RS Lain - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.