Search

Kemenkes: 2 Pasien Baru Sudah Diberi Tahu Positif Corona - detikNews

Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan dua pasien baru sudah diberi tahu positif terkena virus Corona (COVID-19). Mereka langsung diberi tahu setelah hasil laboratorium keluar.

"Ya sudah. Begitu hasilnya positif kan kita kasih tahu," kata juru bicara pemerintah dalam penanganan kasus virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Yuri mengatakan kedua pasien baru itu dinyatakan positif Corona setelah tim Kemenkes melacak orang yang melakukan kontak dengan dua pasien positif Corona sebelumnya. Tim awalnya mengidentifikasi ada 80 orang yang berada dalam ruangan bersama.

"Dari 80 orang ini bisa dikecilkan karena nggak berada di ruangan itu, akhirnya mengerucut menjadi 20. Dari 20 pendalaman lagi sedekat apa kontaknya. Ternyata dari 20 ini oleh Dinkes DKI bisa dikerucutkan lagi jadi 7," ujar dia.

Ketujuh orang tersebut kemudian dibawa ke RSPI Sulianti Saroso. Mereka selanjutnya menjalani observasi dan isolasi.

"Ketujuh orang ini memiliki gejala fisik yang mengarah ke influenza, meskipun tidak ada 1 pun yang influenza berat, sedang dan ringan aja. Oleh karena itu, kita melakukan pemeriksaan dan 7 orang ini tidak masuk pada hari yang samaan, sehingga kita periksa pada 7 orang ini. Dari 7 orang ini kita dapatkan 2 orang confirm positif yang kita sebut kasus 3 dan 4," ujar Yuri.

Hasil laboratorium menyatakan dua orang tersebut positif Corona. Sedangkan lima orang lain masih diisolasi karena kondisinya belum fit.

"Kita menunggu kondisi fisiknya bagus. Kan masih ada yang batuk pilek. kelompok suspect. Kalau kita mempelajari beberapa kasus yang pasti terjadi di beberapa negara seperti di Vietnam itu bisa sampai pemeriksaan 7 kali negatif kedelapan baru positif diikuti preventif. Jadi kita harus hati-hati bener dengan yang ini. Kita tidak gegabah untuk kemudian demikian saja kita lepas atau kita pulangkan karena nanti akan bisa menjadi subklaster baru seandainya positif," tutur dia.

Kamar Isolasi Terbatas, RS Sulianti Saroso: Jangan Asal Kirim Pasien!:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/tor)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
March 06, 2020 at 07:39PM
https://ift.tt/32WOFa5

Kemenkes: 2 Pasien Baru Sudah Diberi Tahu Positif Corona - detikNews
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenkes: 2 Pasien Baru Sudah Diberi Tahu Positif Corona - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.