Search

Kemenkes Cek 'Keaslian' Sampel Suspect Corona di Cianjur - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Bicara pemerintah terkait penanganan virus corona covid-19, Achmad Yurianto menyatakan spesimen pasien suspect virus corona di Cianjur, Jawa Barat, negatif. Hanya saja, Kementerian Kesehatan akan melakukan kembali mengecek 'keaslian' spesimen atau sampel yang dikirim dari Cianjur itu benar milik pasien dimaksud atau bukan.

"Yang pasti, Cianjur mengatakan spesimen sudah dikirim, kita mengatakan dan hasilnya negatif. Tentunya ini PR [Pekerjaan Rumah] buat saya untuk menanyakan lagi spesimen tadi apakah atas nama spesimen yang (meninggal) tadi," kata Yuriyanto saat jumpa pers di Kantornya, Jakarta, Selasa (3/3).

Yurianto tidak menyebut rinci jumlah spesimen dari Cianjur yang telah diperiksa. Yang jelas pemeriksaan sampel itu hanya dilakukan terhadap orang yang suspect virus corona.
Yurianto, yang juga merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes ini menyatakan akan menindaklanjuti spesimen yang sebelumnya telah dikirim dari Cianjur ke Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenkes.

[Gambas:Video CNN]
Langkah itu ditempuh guna memastikan lagi apakah spesimen pasien yang meninggal dunia itu positif atau negatif virus corona.

"Kalau [spesimen] belum disampaikan saya akan telepon Cianjur, saya akan tanyakan apakah spesimen ini dari orang yang sudah meninggal duluan," pungkasnya.

Sebelumnya seorang pasien berinisial D (50) yang merupakan suspect virus corona covid-19 di Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia. Pihak Dinas Kesehatan setempat masih menunggu hasil laboratorium dari Balitbangkes untuk memastikan penyebab kematian pasien.

Berdasarkan informasi yang didapat CNNIndonesia.com, pasien D tersebut meninggal dunia pada Selasa (3/3) sekitar pukul 04.00 WIB.

Suspect corona adalah istilah medis yang menyatakan seorang pasien diduga mengidap virus corona, tapi belum dipastikan positif atau negatif.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Cianjur, Iyus Yusuf menyebut suspect corona itu meninggal dunia di Rumah Sakit Dr Hafidz (RSDH).

"Belum ketahuan kena corona atau enggak, tapi kita udah kirim sampelnya ke Jakarta tapi belum ada hasilnya," katanya.

Pasien berinisial D itu, kata Iyus, merupakan warga Bekasi yang sedang berkunjung ke rumah keluarganya di Cianjur.

"Memang ada riwayat yang bersangkutan sempat ke Malaysia," katanya. (ryn/osc)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
March 04, 2020 at 02:24AM
https://ift.tt/2vAG00N

Kemenkes Cek 'Keaslian' Sampel Suspect Corona di Cianjur - CNN Indonesia
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenkes Cek 'Keaslian' Sampel Suspect Corona di Cianjur - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.