Search

Ambulans Puskesmas Cilandak Bawa Pasien ke RS Sulianti Saroso - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Satu unit mobil ambulans Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, merapat ke Gedung Isolasi Rumah Sakit Penyakit Inpeksi (RSPI) Sulianti Saroso di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (4/3)siang.

RSPI Sulianti Saroso merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk mengisolasi pasien diduga terinfeksi virus corona (Covid-19).

Pantauan CNNIndonesia.com, ambulans tersebut tiba sekitar pukul 14.40 WIB. Petugas yang memakai Alat Pelindung Diri (APD) terlihat membawa satu orang perempuan yang memakai masker dari mobil itu masuk ke dalam Gedung Isolasi.
Belum diketahui apakah pasien tersebut dirujuk terkait dengan dugaan suspect corona atau tidak.

Sebelumnya Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan hingga Rabu (4/3) pagi, RSPI Sulianti Saroso mengisolasi sembilan pasien terkait virus corona. Dua pasien yang diisolasi telah dinyatakan positif corona, sedangkan tujuh pasien lainnya dalam pengawasan.

"Pada tanggal 1 [Februari] ada dua yang masuk, tanggal 2 [Februari] dinyatakan positif. Kemarin pagi sampai jam 11.00 WIB ada 2 tambahan yang tadi disebut pasien dalam pengawasan, dimasukkan dalam ruang isolasi. Kemudian sore sampai malam ada 3 [pasien], dan malam sekali ada 2 [pasien]. Jadi saat ini total 9 yang dirawat di ruang isolasi tetap," kata dia, Rabu (4/3)

Lebih lanjut, ia mengatakan di RSPI Sulianti Saroso, ada 11 ruang isolasi yang disiapkan terkait virus corona. Selain RSPI, kata dia, ada tujuh rumah sakit lainnya yang bisa menjadi rujukan bagi pasien terkait virus corona.

Tujuh rumah sakit tersebut adalah RSUP Persahabatan, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Cengkareng, RS Polri, RS Mintohardjo, RSUP Fatmawati, dan RSUD Pasar Minggu.

Ambulans Puskesmas Cilandak Bawa Pasien ke RSPI Sulianti

Pasien Positif Corona dan Aturan Pemberitahuan

Selain itu, Syahril mengakui pihaknya tidak memberi informasi terlebih dahulu kepada dua orang pasien asal Depok, Jawa Barat terkait status positif corona.

Ia menyebut ada aturan untuk memberitahukan hal tersebut. Sebelumnya, viral pengakuan salah satu dari dua pasien positif corona di RSPI yang menyatakan dirinya tahu terinfeksi setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan.

"Jadi betul [pasoem tahu setelah presiden mengumumkan]. Jadi ini kan wabah ya. KLB [Kejadian Luar Biasa] wabah itu ada aturannya siapa yang harus berbicara pertama kali. Saya pun sebagai Dirut tidak boleh bicara. Itu sudah ada aturannya," kata Syahril mengonfirmasi apa yang terjadi.

[Gambas:Video CNN]
Ia tidak menjelaskan aturan yang dimaksud. Syahril malah menegaskan orang pertama yang boleh mengumumkan hal tersebut adalah presiden.

"Luar biasa kemarin Presiden yang mengumumkan dan itu sudah ada undang-undangnya. Kami pun tidak memberi tahu ke pasien lebih dulu sebelum presiden mengumumkan, setelah itu kita kasih tahu ya," ujar Syahril.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kondisi dua orang pasien positif virus corona yang saat ini diisolasi di RSPI Sulianti Saroso terus membaik. Keduanya menunggu pemeriksaan ulang untuk menentukan langkah selanjutnya.

(yoa/kid)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
March 04, 2020 at 05:05PM
https://ift.tt/39of5nF

Ambulans Puskesmas Cilandak Bawa Pasien ke RS Sulianti Saroso - CNN Indonesia
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ambulans Puskesmas Cilandak Bawa Pasien ke RS Sulianti Saroso - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.