Search

Banyak Pelatihan Online Gratis, Mengapa Kartu Prakerja Banderol Harga Tinggi? - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky, menyebutkan bahwa pelatihan online yang disediakan bagi anggota Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi pekerja.

Pemerintah bakal memberikan insentif untuk pembayaran pelatihan ini, sehingga anggota Kartu Prakerja tak kesulitan menanggung biayanya.

Akan tetapi, muncul sorotan terhadap sejumlah program pelatihan di situs Kartu Prakerja yang terbilang mahal.

Baca juga: Pelatihan Awal Kartu Prakerja Dilakukan Online, Ini Penjelasannya

Misalnya, pelatihan wawancara kerja berbahasa Inggris dibanderol seharga Rp 850.000. Harga itu padahal sudah dikenakan diskon dari harga awal yang sebesar Rp 1.500.000.

Tangkapan layar program pelatihan Kartu Prakerja di situs https://prakerja.sekolah.mu/Tangkapan layar di situs https://ift.tt/2REfpIa Tangkapan layar program pelatihan Kartu Prakerja di situs https://ift.tt/2REfpIa

Untuk program lain, seperti "Belajar Dasar Marketing Menggunakan Facebook..." dibanderol seharga Rp 800.000 untuk enam sesi.

Netizen di media sosial pun mempertanyakan mahalnya program pelatihan di program Kartu Prakerja, padahal banyak pelatihan online di dunia maya yang disajikan secara gratis.

Pelatihan itu juga digelar sejumlah lembaga kredibel, bahkan ada juga yang diberikan perguruan tinggi sekelas Harvard University.

Selain itu, ada juga platform online seperti Coursera yang menghadirkan pelatihan dan pengembangan kompetensi yang melibatkan banyak perusahaan multinasional dan perguruan tinggi ternama.

Baca juga: 7 Manfaat Pelatihan Kartu Prakerja, Sertifikat hingga Insentif Bulanan

Panji mengakui bahwa memang ada sejumlah pelatihan online yang bisa diakses secara gratis.

Meski demikian, menurut dia, pelatihan berbayar Kartu Prakerja dan pelatihan online gratis yang sudah ada semestinya dapat saling melengkapi.

"Saya pikir kita saling melengkapi," kata Panji kepada Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

"Karena anggaran Kartu Prakerja pun terbatas. Angkatan kerja di Indonesia 133 juta, setengahnya usia muda. Sedangkan Prakerja hanya menyasar 5,6 juta tahun ini," ujar dia.

Dia belum bisa menjelaskan mengenai banderol harga yang dipasang platform yang menjadi mitra.

Saat ini usia program ini memang terbilang masih baru, sehingga Kartu Prakerja masih mencoba untuk menjalani ini dengan mitra yang sudah ada terlebih dulu.

"Program ini masih bayi, baru berumur empat hari. Kami mulai dengan delapan mitra platform dulu, termasuk Sisnaker (Kemenaker) dan Pijar (Telkom) yang pelat merah," kata dia.

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
April 15, 2020 at 01:02PM
https://ift.tt/3adhd0W

Banyak Pelatihan Online Gratis, Mengapa Kartu Prakerja Banderol Harga Tinggi? - Kompas.com - KOMPAS.com
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banyak Pelatihan Online Gratis, Mengapa Kartu Prakerja Banderol Harga Tinggi? - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.