Search

Berkeliaran, ODP Corona Asal Jakarta Diamankan di Surabaya - CNN Indonesia

Surabaya, CNN Indonesia -- Seorang warga DKI Jakarta yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus corona (Covid-19) terjaring pemeriksaan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Surabaya Raya, di Bundaran Waru, Kota Surabaya, Jawa Timur. ODP itu tengah mengendarai sepeda motor.

ODP itu pun langsung diamankan oleh pihak kepolisian ke mobil ambulans dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Saat diperiksa petugas, warga asal Jakarta itu mengaku bosan menjalani masa karantina dan hendak main ke rumah saudaranya di Kota Surabaya.

"Jadi tadi pagi sudah ditemukan ada satu pasien yang dinyatakan dari Jakarta dia ODP, karena sudah tidak kerasan dia menemui main ke rumah saudaranya," kata Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Luki Hermawan, Selasa (28/4).

Luki menyatakan warga dengan status ODP itu juga membawa surat dokter, yang menerangkan bahwa dirinya harus menjalani masa karantina. Menurutnya, warga status ODP tak boleh berkeliaran dan wajib melakukan karantina mandiri di rumah.

"Dia memang dalam pantauan, surat dari dokter. Sebetulnya tidak boleh dia berkeliaran, makanya tadi kami amankan. Kami ambil ambulans untuk nanti dibawa ke RS rujukan," ujar Luki.

Agar hal serupa tak terulang kembali, Luki pun langsung membentuk tim Covid-19 Hunter. Tim tersebut beranggotakan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Jatim, Direskrimum Polda Jatim dan Dinas Kesehatan.

Insert Status Pasien Risiko Virus CoronaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Insert Status Pasien Risiko Virus Corona
Menurut Luki, tim itu yang akan berhadapan langsung dengan masyarakat dengan status ODP atau pasien dalam pengawasan (PDP), namun tak melakukan karantina. Tim ini juga akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

"Anggota kami menggunakan APD karena mereka akan berhadapan dengan carrier yang memang dinyatakan oleh dokter ini PDP dan ODP. Sehingga anggota kami lengkapi dengan APD," katanya.

Luki mengaku pihaknya kini telah mengantongi sejumlah nama warga berstatus PDP dan ODP terkait Covid-19. Jika nantinya mereka ditemukan sedang berkeliaran, pasien tersebut langsung dibawa ke RS rujukan.

"Nanti orang-orang yang akan pergi minta izin tapi kabur, ini akan ditangkap, kami amankan. Kami lakukan upaya paksa dan kami kembalikan kepada RS rujukan," ujarnya.

Sebelumnya, penerapan PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik mulai berlaku hari ini sampai 14 hari ke depan. Pemberlakuan PSBB ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Surabaya Raya. (frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
April 28, 2020 at 07:50PM
https://ift.tt/3d1ZxHH

Berkeliaran, ODP Corona Asal Jakarta Diamankan di Surabaya - CNN Indonesia
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berkeliaran, ODP Corona Asal Jakarta Diamankan di Surabaya - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.