Search

Limbah Radioaktif Diduga Sengaja Dibuang, Batan Serahkan ke Bapeten - detikNews

Jakarta -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menduga ada pihak yang sengaja membuang limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Pihak Batan menyerahkan ke Bapeten untuk melakukan investigasi.

"Kewenangan penyelidikan terkait adanya paparan radiasi di perumahan Batan Indah menjadi kewenangan Bapeten," ujar Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama Batan Heru Umbara lewat pesan singkat, Minggu (16/2/2020).

Batan memastikan radioaktif di Perumahan Batan Indah bukan dari aktivitas reaktor nuklir. Bila ada kebocoran dari reaktor, tak mungkin radioaktif hanya berada di lokasi tersebut.

"Jadi kita bisa memastikan bahwa adanya peningkatan paparan di sini itu bukan dari atau mungkin sumbernya dari reaktor. Karena tidak mungkin ada bocoran atau gitu dari reaktor yang hanya daerahnya sini saja," kata Heru.

Selanjutnya, pihak Bapeten akan kembali memetakan paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah hari ini. Bapeten saat ini menduga ada pihak yang sengaja membuang limbah radioaktif di perumahan tersebut.

"Jadi intinya begini, perlu ditegaskan bahwa ini bukan kebocoran atau kejatuhan atau fall out, gitu. Semata-mata mungkin ini memang ada yang meletakkan, menaruh, membuang, atau apa pun. Kita akan menginvestigasi lebih lanjut," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan, Sabtu (15/2).

(dkp/eva)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
February 16, 2020 at 07:23AM
https://ift.tt/39wVi4W

Limbah Radioaktif Diduga Sengaja Dibuang, Batan Serahkan ke Bapeten - detikNews
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Limbah Radioaktif Diduga Sengaja Dibuang, Batan Serahkan ke Bapeten - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.