Search

Kemenkes: Pernyataan Ras Melayu Dianggap 'Kebal' Corona Belum Ilmiah - detikNews

Jakarta -

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia Hermawan Saputra menyebut Indonesia dianggap aman dari infeksi virus Corona karena termasuk rumpun ras Melayu. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menilai pernyataan itu belum ilmiah.

"Saya juga nggak bisa kasih komentar karena belum ada pernyataan ilmiah tentang hal ini," kata Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr Achmad Yurianto saat dihubungi detikcom, Sabtu (29/2/2020).

dr Yuri menilai pernyataan Hermawan soal ras Melayu itu cenderung sebagai pernyataan pribadi. Yuri menegaskan penyebaran virus itu tidak mengenal ras dan negara dengan mencontohkan WNI kru kapal Diamond Princess ada yang positif Corona.

"Betul (penyebaran COVID-19 ini tidak mengenal ras dan negara). ABK MV Diamond Princess di Jepang positif (Corona)," ujar dia.

Sebelumnya, Indonesia dianggap aman dari infeksi virus Corona karena adanya perbedaan ras dengan negara-negara yang telah terinfeksi. Masyarakat Indonesia, yang termasuk dalam rumpun ras Melayu, dianggap punya reseptor berbeda dengan warga di negara-negara yang telah terpapar virus tersebut.

Hal itu disampaikan Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia Hermawan Saputra dalam diskusi bertajuk 'Mengukur Efek Corona: Siapkah Kita?' di Hotel Ibis Tamarin, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2).

"Paling dahsyat, tak ada tanda-tanda mengkhawatirkan, tiba-tiba ini (Corona) terjadi di Italia dan Irak. Kalau Korea Selatan wajar karena berdekatan. Nah teori awalnya karena kita ini perbedaan ras, karena kita ini tergolong dalam rumpun ras Melayu, maka reseptornya dianggap berbeda," kata Hermawan.

Tonton juga Kemenkes: 7 WNI Masih di Wuhan, 3 Minta Dipulangkan :

[Gambas:Video 20detik]

(azr/jbr)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terbaru - Google Berita
February 29, 2020 at 05:00PM
https://ift.tt/2I5mdZV

Kemenkes: Pernyataan Ras Melayu Dianggap 'Kebal' Corona Belum Ilmiah - detikNews
Indonesia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenkes: Pernyataan Ras Melayu Dianggap 'Kebal' Corona Belum Ilmiah - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.