Search

Ini Kronologis Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Thohir - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - BUMN yang tengah dililit persoalan pelik dan gagal bayar Rp 12,4 triliun, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memang pernah membeli saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA), perusahaan media yang dibangun oleh Menteri BUMN saat ini Erick Thohir. Pembelian itu dilakukan dengan mekanisme di pasar modal, tapi sudah dijual.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga bahkan menegaskan pembelian saham tersebut malah memberikan keuntungan alias cuan hingga 18% tak sampai setahun perusahaan memegang saham ABBA.

Arya pun menjelaskan kronologis pembelian dan penjualan saham ABBA yang dilakukan Jiwasraya sebagai bagian dari penataan portofolio investasi di saham.


Berikut pernyataan Arya di Kementerian BUMN:

"Jiwasraya membeli saham Mahaka perusahaan [milik] Pak Erick di market, di pasar. Pertama, tanggal 23 Januari 2014. Jadi sekitar 157,5 juta saham [dengan harga per saham Rp 95]. Total nilai pembelian Rp 14,9 miliar sekian. Hampir Rp 15 miliar.

Nah kemudian saham ABBA dijual tanggal 17 Desember 2014, belum setahun. Terjadi dua kali penjualan pada hari itu, saat itu nilai per sahamnya Rp 114 itu sebanyak 103 juta saham dan di harga Rp 112 rupiah dengan jumlah sahamnya 54,5 juta saham. Jadi total sekitar hampir Rp 17,8 miliar. Keuntungan Jiwasraya Rp 2,8 miliar, atau 18% lebih selama hampir 1 tahun.


Ini membuktikan bahwa Jiwasraya membeli saham Mahaka di market, karena terjadi sampai 2x penjualan artinya saat naik-turun dijual. Dan ini penjualan saham di market dan buktikan bahwa saham dijual enggak mandek. Walaupun sebenarnya saham di market dan mandek biasa tapi ini membuktikan bahwa enggak ada lagi saham Mahaka [yang dibeli Jiwasraya]. Jadi setahun saja.

Ini isu Jiwasraya investasi dan rugi, kami bantah juga lah. Apalagi saya dapat informasi bahwa ada yang bawa-bawa laporan BPK. Dapat informasi teman-teman BPK enggak pernah atau informasikan kepada salah seorang yang sering nyebut-nyebut nama BPK di sosial media.

Ini paling tidak nama-nama pencatutan enggak dilakukan lah. Saya harap janganlah dulu dibawa-bawa ke politik. Bagaimana Jiwasraya bisa diselesaikan dengan baik.

Sekarang gimana Jiwasraya bisa bekerja dengan baik supaya tahapan-tahapan ini, tiga tahapan [penyelamatan Jiwasraya] yakni [Pertama] holding asuransi bisa hasilkan dana uang-uang di nasabah Jiwasraya.

Kedua, penjualan saham dari PT Jiwasraya Putera [anak usaha Jiwasraya]. kemudian ketiga, saham undervalued [yang dimiliki Jiwasraya] itu suatu saat bisa naik ini kita akan jual dengan total Rp 5,6 triliun setelah naik ya. Bukan dijual saat dia harga rendah [bukan cut loss].

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terkini - Google Berita
December 27, 2019 at 02:24PM
https://ift.tt/2Q2hEEo

Ini Kronologis Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Thohir - CNBC Indonesia
Indonesia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Kronologis Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Thohir - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.