Search

Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Rp 14,9 M, Jual Rp 18 M - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membantah isu meruginya PT Asuransi Jiwasraya (Persero) karena berinvestasi di saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA), perusahaan media yang dibangun oleh Menteri BUMN saat ini Erick Thohir.

Sebaliknya, Arya menegaskan Jiwasraya justru mendapat keuntungan besar dari investasi saham karena keputusan tersebut. Jiwasraya mengeluarkan modal pembelian saham ABB sebesar Rp 14,9 miliar, dan mampu menjualnya di angka Rp 17,8 miliar atau hampir Rp 18 miliar.

Dengan demikian keuntungan yang diperoleh dari penjualan saham itu mencapai sekitar Rp 2,8 miliar, tak sampai setahun.


Arya menerangkan awalnya Jiwasraya membeli saham ABBA di tanggal 23 Januari 2014. Nilai pembelian sebsar Rp 14,9 miliar untuk 157,5 juta saham dengan harga per saham Rp 95.
"Nah kemudian dijual tanggal 17 Desember 2014, belum setahun. Dua kali terjadi penjualan pada hari itu. Saat itu nilai per saham Rp 114 itu sebanyak 103 juta saham dan satu lagi harganya Rp 112 per saham, dengan jumlah saham 54,5 juta saham. Jadi total [penjualan] sekitar hampir Rp 17,8 miliar. Keuntungan Jiwasraya Rp 2,8 miliar atau 18% lebih selama hampir 1 tahun," sebut Arya di kantor Kementerian BUMN, Jumat (27/12/2019).

Pernyataan Arya ini sama dengan apa yang dijelaskan oleh Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko kepada CNBC Indonesia, Jumat pagi ini.

Jiwasraya mampu meraih keuntungan dalam investasi di saham ABBA yang sudah dilepas ke investor lainnya, melalui mekanisme penjualan di pasar modal. Besaran keuntungan mencapai Rp 2,8 miliar


"ABBA enggak ada [lagi], BJBR [PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.] masih, " katanya.

Hexana, yang juga mantan Senior Executive Vice President Direktorat Treasury & Global Services PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) ini mengatakan saham ABBA dimiliki hanya sekali, dengan satu kali transaksi jual beli dalam jumlah kecil yakni pada tahun 2014 Rp 14 miliar.

"...dan untung Rp 2,8 miliar. Ini sudah saya teliti murni trading-nya trader. Ini tidak ada window dressing [aksi mempercantik laporan keuangan jelang akhir tahun]," jelas Hexana. "Sudah dijual lama [saham ABBA]," tegasnya.

Seperti diketahui Mahaka Media merupakan perusahaan media yang didirikan oleh Erick Thohir. Erick memimpin Mahaka Media sebagai Direktur Utama hingga tahun 2008, kemudian menjabat sebagai Komisaris Mahaka Media sejak Juni 2010, serta menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), anak usaha Mahaka, sejak tahun 2015. Erick sudah mengundurkan diri setelah terpilih menjadi Menteri BUMN.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terkini - Google Berita
December 27, 2019 at 03:29PM
https://ift.tt/350TGOi

Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Rp 14,9 M, Jual Rp 18 M - CNBC Indonesia
Indonesia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Rp 14,9 M, Jual Rp 18 M - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.