Search

Erick Thohir Tak Segan-Segan Likuidasi BUMN 'Zombie' - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan tak segan-segan melakukan likuidasi terhadap BUMN yang 'hidup segan tapi mati tak mau' alias seperti 'zombie'. Ia mencontohkan adalah PT Iglas (Persero).

PT Iglas (Persero) BUMN yang khusus memproduksi botol. Namun, bisnis Iglas kini sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang. Di sisi lain, Iglas juga memiliki utang Rp 1 triliun dan asetnya hanya tanah lokasi. BUMN ini sudah berhenti operasi sejak 2015, dan berdampak pada PHK hingga pesangon pekerjanya yang bermasalah.

"Ya kalau likuidasi contoh perusahaan-perusahaan seperti Iglas terus gimana? masak mati segan hidup tak mau. Semua serba segan ya nggak itu nggak sehatlah ngapain kita membohongi diri sendiri kepada sesuatu yang bukan ahlinya. Bahkan itu hanya kamuflase perusahaannya tidak ada pegawainya tak gajian buat apa kita lebih kejam lho," kata Erick di Jakarta, Minggu malam (22/12).

Ia bilang pemimpin yang tidak bagus terutama pemimpin yang tidak bisa membuat keputusan.

"Pemimpin terbaik yang bisa membuat keputusan tepat, termasuk tadi perusahaan-perusahaan BUMN yang sudah tidak jelas bentuknya, pegawai tidak gajian itu sama aja kejam lho apa kita mau menjadi pemimpin seperti itu kan nggak mau," katanya

Selain likuidasi, Erick juga sedang menyiapkan payung hukum dalam upaya merampingkan bisnis BUMN agar fokus pada bisnis intinya. Ia ingin segala pembentukan anak usaha cucu BUMN harus ada alasan yang jelas.

"Bukan melarang (BUMN punya anak cucu). nanti kita menunggu PP yang bisa membuat peran kementerian BUMN lebih besar yaitu dengan merger ya kan atau likuidasi supaya kita bisa lebih efisien," katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terkini - Google Berita
December 22, 2019 at 10:34PM
https://ift.tt/2Zm52v1

Erick Thohir Tak Segan-Segan Likuidasi BUMN 'Zombie' - CNBC Indonesia
Indonesia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Erick Thohir Tak Segan-Segan Likuidasi BUMN 'Zombie' - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.