Search

Japek II 'Neraka' Macet Baru, BPJT: Lewat Bawah Saja - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Ragam suara netizen berkeliaran di jagad media sosial sejak beroperasinya Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek II pada 15 Desember 2019 lalu. Pemerintah buka suara mengenai hal ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, menyebut bahwa masyarakat punya alternatif. Jika Japek II macet, masyarakat bisa memilih Tol Japek yang di bawahnya.


"Silahkan lewat bawah saja," kata Danang Parikesit kepada CNBC Indonesia, Kamis (19/12/2019) malam ketika dikonfirmasi.

Menurutnya, kepadatan Tol Japek sudah berkurang sejak adanya tol layang. Pengurangan kepadatannya mencapai 30-40%.

"Kan yang bawah sudah semakin lancar. Nanti ada data evaluasi," bebernya.

Sebelumnya, ada yang menilai beroperasinya tol ini mampu mengurangi kemacetan di jalur bawah, ada yang masih menganggap macet, bahkan ada yang mengeluh jalur Japek II pun tak luput dari kemacetan yang harapannya justru jadi pemecah arus kendaraan.

Direktur Utama PT Jasa Marga (JSMR) Desi Arryani, selaku operator Tol Jakarta-Cikampek dan Japek II mengatakan sejak Japek II dibuka untuk umum 15 Desember 2019, Desi mengklaim lonjakan penumpang sudah mulai terasa di Japek II. Sehingga berdampak pada berkurangnya volume kendaraan di jalur bawah tol Jakarta-Cikampek.


"Sejak 15 September animo masyarakat ke tol Japek sesuai estimasi kita. Hari minggu (15/12) 33% naiknya (Tol) elevated. Di bawah jadi lancar. Senen (16/12) juga berkisar 30-an%. Jadi memang sesuai analisa kita kami," sebut Desi kepada CNBC Indonesia, di Kementerian PUPR, Rabu (18/12).

Menghadapi momen Nataru ini, Desi mengingatkan fungsi tol Japek II atau Elevated. Di mana untuk mengurangi volume kendaraan yang dinilai sudah sangat padat di jalur bawah.

"Jarak jauh harus naik. Jarak dekat jangan naik. Elevated itu untuk pengguna jarak jauh," sebut Desi.

Presiden Jokowi juga sempat mengatakan dengan beroperasinya Tol layang Jakarta-Cikampek (Japek II) sepanjang 36 Km akan mengurangi kemacetan hingga 30% di jalur bawah. Dengan adanya tol ini, kendaraan jarak jauh seperti ke Bandung dan Cirebon bisa dipecah sejak pintu masuk kawasan Cikunir.

"Kira harapkan bisa mengurangi kemacetan yang selama ini dirasakan masyarakat selama ini terjebak macet berjam-jam, akan berkurang kemacetan 30%, bisa mengurangi biaya, BBM dan lainnya," kata Jokowi saat peresmian Tol Japek II di lokasi proyek, Kamis (12/12).

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terkini - Google Berita
December 20, 2019 at 07:55AM
https://ift.tt/38Z3StG

Japek II 'Neraka' Macet Baru, BPJT: Lewat Bawah Saja - CNBC Indonesia
Indonesia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Japek II 'Neraka' Macet Baru, BPJT: Lewat Bawah Saja - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.