Search

Ssst...Ini Bocoran Tarif Tol Japek Layang - detikFinance

Jakarta - Sejak resmi dibuka pada akhir pekan lalu, tarif Jalan tol Jakarta-Cikampek elevated atau Japek Layang hingga saat ini masih gratis. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pengoperasian jalan tol Japek Layang gratis hingga tahun baru.

Direktur Operasional PT Waskita Karya (Persero) Bambang Rianto selaku salah satu kontraktor jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Japek layang menjelaskan sejatinya besaran tarif merupakan kewenangan PT Jasa Marga (Persero) selaku pengelola jalan tol.

Namun, kata Bambang, biasanya besaran tarif ditentukan dari nilai investasi jalan tol itu sendiri.

"Di dalam nilai investasi jalan tol itu ada yang namanya biaya konstruksi. Nah tugas kami adalah bagaimana mendeliver biaya konstruksi yang efisien. Supaya impact kepada nilai investasinya kemudian berimpact kepada tarifnya itu masih terjangkau ke masyarakat," kata Bambang kepada detikcom pekan ini.

Hingga saat ini Bambang tak bisa mengetahui pasti berapa besaran tarif yang akan diberlakukan nantinya. Tapi dari informasi yang didapatnya, tarif tol Japek layang akan disamakan dengan tol Japek yang ada di bawah.


"Kalau menurut saya ini memang domainnya Jasa Marga dan Kementerian PUPR. Tapi kalau saya boleh sampaikan, kalau saya dengar-dengar sih memang ada rencana disamakan atas dan bawah," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit pernah mengatakan pihaknya mengusulkan tarif untuk tol tersebut sekitar Rp 1.700-2.000 per kilometer (km). Menurutnya, tarif tol layang japek ini tak akan berbeda jauh dengan Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) II.

"(Usulan BPJT) antara Rp 1.700-2.000 per km. Tak beda jauh dibandingkan JORR II kan mirip Rp 1.700-an," tutur Danang ketika mengunjungi proyek pembangunan Tol Layang Japek km 37, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Namun, ia mengatakan, pihaknya masih akan melakukan rebalancing atau penyesuaian tarif dengan Tol Japek existing (non-elevated). "Kita sedang menyusun suatu proses regulasi bagaimana ini kita rebalancing dengan di bawah," terang Danang.

Simak Video "Sensasi Bumpy di Tol Layang Japek"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)

Let's block ads! (Why?)



Indonesia - Terkini - Google Berita
December 20, 2019 at 11:37AM
https://ift.tt/35Hh0lo

Ssst...Ini Bocoran Tarif Tol Japek Layang - detikFinance
Indonesia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/32k1zwO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ssst...Ini Bocoran Tarif Tol Japek Layang - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.